Tips supaya tidak terasa sakit saat disuntik

Posted by Phita Sabtu, 19 Februari 2011 0 komentar
Secara alamiah, kebanyakan orang akan membuang muka saat disuntik. Entah karena takut atau geli ataukah memang untuk mengurangi rasa takut saat jarum mulai ditusukan ke badan kita. Nah.. Menurut penelitian University College London yang di lakukan Profesor Patrick Haggar, pasien justru harus memusatkan pandangannya pada bagian yang akan disuntik agar lebih sedikit merasakan sakit.

Rasa sakit saat disuntik akan berkurang justru ketika pasien melihat dengan seksama bagian yang akan disuntik, bukan malah memalingkan muka. Bahkan jika bagian itu diperjelas dengan menggunakan kaca pembesar, maka suntikan makin tidak terasa sakit.

Hal itu dibuktikan melalui penelitian 18 relawan yang melihat dan tidak melihat saat disuntik . Ketika diminta mengamati bagian tubuh yang diberi rangsang nyeri berupa pemanas, para relawan mengalami pengurangan rasa nyeri. Dengan melihat bagian yang dipanasi, relawan bisa menahan rasa nyeri hingga selisih 3 derajat celcius dibandingkan saat memalingkan muka.

Para peneliti juga melakukan eksperimen yang sama dengan menggunakan kaca pembesar yang ukurannya berbeda-beda. Ternyata makin detail gambar yang bisa dihasilkan kaca pembesar (tentunya sambil diamati), makin sedikit nyeri yang dirasakan oleh para relawan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa mata yang merupakan indra penglihatan dapat mempengaruhi persepsi otak tentang rasa sakit.

0 komentar:

Posting Komentar